CARA MEMILIH MOBIL YANG TEPAT

Banyak model di pasaran dan desain baru yang diperkenalkan setiap saat, sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai saat memilih mobil. Sangat membingungkan sehingga banyak orang hanya membeli model yang sama lagi, jika mereka menyukai yang terakhir, mengabaikan pilihan baru meskipun lebih baik. Ada juga individu yang ikut  rekomendasi dari teman atau membeli mobil yang menarik perhatian mereka dengan desain ramping atau tampilan yang mentereng selayaknya membeli smartpnone.

desain mobil ramping dan mentereng

Ada cara yang jauh lebih baik untuk memilih mobil yang tepat, pendekatan praktis yang juga memberikan ruang untuk bersenang-senang. Dibawah ini adalah Tips memilih mobil yang tepat.

1.       Cari tahu apa yang Anda butuhkan

Seberapa sering Anda benar-benar pergi ke pegunungan atau membawa kayu? Jika Anda mencoba untuk mendapatkan sesuatu yang melakukan segalanya, Anda akhirnya akan membeli terlalu banyak mobil dan membayar mahal untuk itu.

mobil mewah

Dalam hidup ada kebutuhan dan keinginan. Saat memilih mobil, mulailah dengan memahami apakah Anda membutuhkan mobil. Jika demikian, lanjutkan untuk mempersempit jenis yang Anda butuhkan. Tuliskan kebutuhan tersebut di selembar kertas. Jika Anda mengikuti daftarnya, kebutuhan Anda akan mengarahkan Anda ke mobil yang tepat, yang semakin hari ini mungkin menjadi kendaraan listrik.

Jika Anda memiliki keluarga besar dan membutuhkan ruang untuk enam penumpang, pilihan Anda tidak sulit untuk dipikirkan lagi. Jika Anda lajang dan suka jalan-jalan off-road di akhir pekan, jelas Anda membutuhkan kendaraan berpenggerak empat roda.

2.       Tetapkan anggaran Anda

Kecuali jika Anda memiliki setumpuk uang, Anda mungkin perlu mengambil pinjaman mobil. Menjaga total pengeluaran mobil bulanan Anda, pembayaran, asuransi, bahan bakar, pemeliharaan, perbaikan, registrasi adalah hal yang cerdas, hingga 20% atau kurang dari gaji bulanan Anda. Gunakan kalkulator pinjaman mobil untuk mengetahui berapa harga pembelian yang akan memberikan pembayaran bulanan yang sesuai dengan anggaran Anda. Hindari godaan untuk memperpanjang pinjaman melewati 60 bulan (lima tahun) hanya untuk membeli mobil yang lebih mahal.

3.       Gunakan alat pencari mobil

Banyak situs web otomotif, memiliki alat yang memungkinkan Anda memfilter pencarian berdasarkan harga, kategori kendaraan dan bahkan opsi. Buat daftar target lima mobil untuk diteliti dengan membaca ulasan dari pakar dan pemilik otomotif.

penggunaan alat pencari mobil

Bahkan jika Anda sangat yakin bahwa Anda tahu apa yang Anda inginkan, penting untuk melihat model pesaing. Pasar sangat ramai akhir-akhir ini, mudah untuk mengabaikan model yang mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan Anda daripada pilihan awal Anda. Jangan terburu-buru dalam proses ini, karena begitu Anda mendapatkan mobil baru, Anda harus menggunakannya selama bertahun-tahun.

Jika Anda kesulitan membandingkan mobil pesaing, Anda dapat menggunakan aplikasi untuk melakukan perbandingan, yang menampilkan fitur dan spesifikasi dalam tabel yang mudah dilihat untuk perbandingan berdampingan. Berdasarkan penelitian Anda, persempit bidang menjadi tiga mobil.

4.       Test driving

Sangat merepotkan untuk pergi ke tempat parkir mobil dan mengatasi staf penjualan yang terlalu bersemangat dan banyak omong.

test driving

Berikut cara mudah untuk menyelesaikan pekerjaan. Sisihkan waktu pagi, sebaiknya pada hari kerja, saat tempat parkir mobil kosong dan hubungi dealer. Beri tahu dealer bahwa Anda ingin menjadwalkan test drive, tetapi Anda tidak akan langsung membeli karena Anda masih membandingkan model yang berbeda. Kendarai tiga mobil target Anda secara berurutan sehingga semua kesan Anda segar dalam pikiran Anda.

5.       Tinjau penelitian Anda dan buat keputusan

Setelah test drive Anda, tinggalkan dealer. Jika Anda masih ragu-ragu, kembalilah ke pencari mobil dan tarik kandidat baru. Tetapi jika keputusan Anda sudah jelas, Anda dapat melanjutkan ke fase pembuatan kesepakatan.

Apakah Anda menyadarinya atau tidak, emosi dan intuisi Anda akan berperan dalam pilihan Anda. Tidak ada yang salah dengan itu, bersenang-senanglah. Tapi jangan biarkan perasaan Anda lari dengan Anda. Tutupi basis praktis terlebih dahulu, lalu buka pintu ke faktor kesenangan. Maka Anda akan memiliki mobil yang Anda sukai untuk melayani kebutuhan Anda.