MEMPERBAIKI HP (SMARTPHONE)


TIPS MEMPERBAIKI HP (SMARTPHONE)

Anda mungkin sering bertemu dengan orang-orang yang termotivasi untuk melakukan perbaikan atau membongkar ponsel sendiri dengan bekal menonton satu atau dua video tentang cara memperbaiki ponsel. Lebih sering yang kita dengar bahwa mereka gagal total dan lebih kepada merusak ponsel mereka pada akhirnya.

breakdown part smartphone

Membongkar dan memperbaiki perangkat elektronik bernilai jutaan bukanlah sesuatu yang disarankan kecuali Anda agak berpengalaman, jadi lakukan dengan risiko Anda sendiri. Dan selalu ingat untuk mencadangkan ponsel cerdas Anda sebelum melakukan pekerjaan apa pun di dalamnya.

Persiapan Adalah Kunci

Pastikan Anda memiliki ruang bersih yang bagus untuk bekerja dengan sedikit gangguan. Kamar yang tidak berkarpet akan sangat ideal. Pastikan untuk berhati-hati dan meminimalkan listrik statis, jadi jangan menggosok kaki Anda di atas karpet sebelum bersiap untuk membuka ponsel. Anda membiasakan diri untuk selalu menyentuh kaki meja dari baja untuk menghilangkan listrik statis sebelum mulai mengerjakan apa pun.

peralatan untuk perbaikan yang diperlukan

Pastikan untuk melakukan riset dan menemukan suku cadang terbaik yang Anda maksud. Misalnya, tampilan berkualitas bagus akan membutuhkan biaya yang cukup mahal, tetapi mungkin lebih baik daripada memilih tampilan yang murah dan mungkin tidak berfungsi untuk menghemat beberapa rupiah.

Lihatlah Panduan Teardown

Sebelum mencoba perbaikan apa pun, lihat panduan ini untuk melihat apakah perbaikan tersebut bahkan merupakan sesuatu yang nyaman untuk Anda lakukan, kemudian lihat melalui panduan ini berulang kali sampai Anda merasa cukup percaya diri untuk mengambil spudger itu dan mulai mencongkelnya.

Uji Sebelum Merakit Kembali

Jika Anda telah memutuskan untuk melakukan tugas tersebut, ingat untuk mematikan perangkat yang sedang Anda gunakan sebelum memulai. Setelah Anda membongkar telepon dan mengganti bagian yang rusak, uji jika memungkinkan. Anda tidak ingin bersusah payah membangun kembali perangkat Anda dengan hati-hati hanya untuk mengetahui bahwa bagian yang Anda dapatkan rusak. Sangat mudah untuk memasang kembali unit LCD baru pada tempatnya dan mengujinya sebelum perakitan ulang terakhir.

Lambat Itu Halus, Halus Itu Cepat

Luangkan waktu Anda, jangan pernah terburu-buru melakukan perbaikan apa pun, karena Anda hanya mempercepat menuju bencana.

jangan terburu-buru untuk melakukan perbaikan

Beristirahatlah Saat Bingung

Saat Anda menemukan jalan buntu dan merasa frustrasi, tinggalkan sementara aktivitas itu. Jangan pernah meremehkan kekuatan dan pentingnya istirahat. Lebih sering daripada tidak, Anda akan kagum dengan betapa lancarnya perbaikan Anda saat Anda kembali dengan pikiran jernih.

Bersikaplah Lembut

Bersikaplah santai saat menghadapi ponsel, Ini bukan AK-47 yang membutuhkan banyak pukulan. Jika ada bagian yang tidak pas, jangan dipaksakan. Mundur selangkah dan lihat apakah ada sesuatu yang tidak pada tempatnya seperti sekrup longgar yang telah dimagnetisasi ke earphone. Jangan pernah memutar sekrup secara berlebihan, karena dapat dengan mudah merusak sesuatu yang lain atau terkelupas dan macet.

Melacak Semuanya

Juga sangat penting untuk memberikan  tanda pada sekrup, mereka harus kembali ke tempat asalnya. Menempatkan sekrup yang salah di tempat yang salah dapat menyebabkan kerusakan. Contoh yang bagus adalah sekrup LCD. Memasang sekrup yang sedikit lebih panjang ke sudut bawah tempat sekrup yang lebih pendek berada dapat menyebabkan layar biru dan masalah bootloop.

memberikan tanda pada skrup yang telah dicopot

Periksa Ulang Bahwa Semuanya Berfungsi

Sebelum Anda menutup ponsel, pastikan semua bagian terpasang dan/atau disekrup dengan benar. Setelah dipasang kembali, jalankan tes cepat dan pastikan semuanya berfungsi. Anda ingin menguji semua fitur utama, bukan hanya bagian yang Anda ganti, karena Anda mungkin secara tidak sengaja mengacaukan sesuatu atau bagian tersebut mungkin tidak berfungsi dengan baik dengan bagian lain. Berikut daftar singkatnya:

  • Layar sentuh: Pastikan sepenuhnya responsif.
  • LCD/layar: Cari perubahan warna yang mungkin mengindikasikan titik tekanan.
  • Sensor jarak: Lakukan tes panggilan dan periksa apakah layar menjadi gelap saat wajah Anda menghadap telepon.
  • Earspeaker dan mikrofon: Pastikan Anda dan penelepon dapat mendengar dengan jelas dan tidak ada gema.
  • Loudspeaker: Memutar lagu, menaikkan dan menurunkan volume dan sekali lagi untuk memastikan tidak ada gema.
  • Kamera depan dan belakang: Ambil gambar, pastikan jelas dan dapat fokus.
  • Jaringan dan Wi-Fi: Periksa sinyalnya, pastikan keduanya konsisten dan mendapatkan bilah penuh.
  • Tombol volume, tidur, dan beranda: Pastikan tombol tersebut ditekan dengan sedikit klik dan berfungsi sebagaimana mestinya
  • Port pengisian daya: Pastikan port mengisi daya dan terhubung melalui USB ke perangkat lain dengan benar.
  • Soket headphone: Pastikan Anda dapat mendengar dengan jelas dengan kedua earpiece.

Setelah Anda memastikan semuanya berfungsi, duduk dan tarik napas lega. Kemudian pastikan untuk segera membersihkannya, terutama jika Anda bekerja pada perangkat dengan layar yang pecah, serpihan kaca tidak pernah menyenangkan.