TIPS MEMBONGKAR MESIN CUCI


Pada artikel ini Anda akan menemukan petunjuk membongkar mesin cuci. Banyak model mesin cuci dari berbagai pabrikan yang memiliki desain yang serupa. Setelah membaca artikel ini, Anda akan belajar cara membongkar mesin cuci dengan tangan Anda sendiri (Samsung, LG, dll.).

membongkar mesin cuci

Tentunya beberapa model akan memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa dari mereka akan menggunakan pengencang lain atau tampilan bagian atau hal kecil lainnya. Namun secara umum strukturnya mirip, jadi dengan menggunakan tips ini, Anda bisa dengan mudah membongkar mesin cuci.

Alat penting

Untuk membongkar mesin cuci, Anda membutuhkan alat. Sebagian besar alat yang dibutuhkan ada di hampir setiap rumah. Alat yang anda membutuhkan adalah:

  • Obeng.
  • Set kunci pas berbagai ukuran.
  • Palu.
  • Tang sederhana, tang bengkok, tang pemotong kawat, tang berujung bulat. Semua alat ini harus diisolasi.

Sebelum mulai membongkar, disarankan Anda untuk merakit semua alat yang diperlukan. Dan juga pastikan bahwa Anda memutuskan mesin anda dari air dan listrik. Jika Anda berencana untuk merakit kembali mesin, maka Anda dapat memotret tempat-tempat yang sulit untuk pengencang, sambungan kabel dan bagian lain. Ini akan membantu Anda dengan perakitan.

Lepaskan dinding depan mesin cuci

Mulailah membongkar mesin dari bagian atas kasing. Yaitu dari sampulnya. Itu diikat dengan dua baut di sisi belakang. Untuk membuka tutup, gunakan obeng. Setelah baut dilepas, anda perlu mendorong penutup dari depan mesin ke arah dinding belakangnya. Lalu anda bisa melepasnya.

lepas dinding depan mesin cuci

Di sebagian besar merek mesin cuci, untuk ini anda perlu mengklik titik di tengah baki plastik dan menariknya ke arah anda.

klik titik di tengah baki plastik dan menariknya

Kemudian anda perlu membuka sekrup yang menahan panel kontrol. Dan pisahkan dengan hati-hati dan taruh di atas mesin cuci agar tidak mengganggu anda. Beberapa model memiliki pengait servis yang dapat digunakan untuk menggantungnya di atas dinding samping.

buka sekrup yang menahan panel kontrol

Sekarang lepaskan panel bawah. Untuk melakukan ini, anda perlu melepas baut yang menahannya. Kemudian lanjutkan melepas manset karet palka. Untuk melakukan ini, buka pintu dan lepaskan penjepit pengunci. Untuk melepasnya, anda membutuhkan tang, obeng atau tang (tergantung jenis penjepitnya).

lepaskan panel bawah

Setelah kerah dilepas, lepas manset dari dinding depan mesin. Selanjutnya, anda bisa membuka kedua baut yang mengunci palka.

Sekarang anda hanya perlu menghapus elemen pengunci yang tersisa. Kemudian anda bisa melepas dinding depan mesin cuci.

hapus elemen pengunci yang tersisa

Setelah itu, Anda bisa melepas selang saluran masuk yang sesuai dengan tangki. Untuk melakukan ini, kerah pengencang harus dilepas dengan tang. Kemudian selang tidak menahan apapun dan bisa dilepas. Selanjutnya, lepaskan selang menuju sakelar tekanan. Untuk melakukan ini, sekali lagi anda harus melepas penjepit terlebih dahulu.

Selanjutnya, lepas penjepit bagian dalam, yang memasang manset karet pada tangki mesin. Dan lepaskan manset yang sama ini. Lepas dinding belakang mesin, dengan memutarnya dengan obeng dan tempatkan baik di depan mesin maupun di belakang. Secara penampilan, mereka seperti balok beton. Mereka diperlukan agar mesin cuci tidak banyak bergetar selama putaran dan mode pencucian lainnya. Mereka biasanya dipasang pada baut panjang. Putar bautnya.

Kemudian lepas elemen pemanas dan letaknya di sisi belakang di bagian bawah tangki. Pada beberapa model, letaknya di depan, juga di bagian bawah tangki. Untuk melepasnya, perlu memutar mur pengencang. Itu terletak di tengah. Kemudian klik pada bagian yang menonjol. Yang Anda gunakan untuk memutar mur. Itu harus didorong ke dalam. Jika ini tidak dapat dilakukan dengan tangan Anda, Anda dapat dengan lembut mengetuknya dengan palu. Selanjutnya, membuka pemanas dengan sesuatu yang rata dan melepasnya dengan hati-hati.

buka pemanas dengan sesuatu yang rata dan melepasnya dengan hati-hati

Kemudian lepaskan sabuk penggerak. Mulai dari mesin mesin ke katrol yang dipasang di tangki. Lepas kabel yang mungkin ada di tangki dan motor.

lepaskan sabuk penggerak

Sekarang tangki digantungkan pada pegas dari bawah dan memperbaiki penyerap guncangan dari bawah. Putar penyerap guncangan perlahan untuk melepas pegas. Dan lepaskan tangki. Ini tidak sulit. Pertama, putar baut yang menahan katrol. Bongkar tangki mesin cuci. Lepaskan katrol. Tekan poros ke dalam tangki. Kemudian bagi tangki menjadi dua bagian, untuk ini perlu melepas penjepit.

bagi tangki menjadi dua bagian, untuk ini perlu melepas penjepit

Beberapa model menyertakan tangki sekali pakai yang tidak dapat dipisahkan. Dan biasanya dipisahkan dengan menggergaji dengan gergaji tangan. Kemudian dirakit menggunakan baut dan sealant anti air.

rakit menggunakan baut dan sealant anti air